PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Beberapa Cara Berhemat yang Sederhana agar Hidup Lebih Kaya

Beberapa Cara Berhemat yang Sederhana agar Hidup Lebih Kaya

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Kebanyakan orang pasti berpikir kalau ingin hidup hemat, maka harus siap hidup susah. Padahal kenyataannya tidak selalu begitu. Masih banyak lagi cara lainnya yang bisa kamu lakukan tanpa harus terlalu mengencangkan ikat pinggang. Mulai dari hal-hal yang kecil hingga hal-hal yang besar, apa pun itu pastinya kamu harus berkomitmen dalam membiasakannya.

Tahukah kamu, langkah berhemat ternyata bisa diterapkan melalui cara yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari? Untuk itu, berikut beberapa cara berhemat dalam kehidupan sehari-hari yang bagus untuk kamu coba.

  1. Tepat waktu dalam membayar tagihan. Tagihan yang dimaksud dapat berupa tagihan air, listrik, properti, bank dan telepon. Karena jika terlambat membayar tagihan, ada bunga atau denda yang harus kamu bayar, sehingga membuat pengeluaran jadi lebih boros.
  2. Masak sendiri. Hanya dengan modal Rp.20.000 saja, kamu sudah bisa membeli cumi kering, kentang, dan seikat kangkung untuk dibuat masakan rumahan yang mengenyangkan dan juga enak. Berbeda halnya bila kamu membeli makanan dari luar selain lebih mahal kesehatannya juga belum tentu terjamin.
  3. Berbelanja di pasar tradisional. Kenapa harus di pasar tradisional? Karena selain apa yang dijual lebih beragam dan masih dalam kondisi segar, harga barang yang ada di sana juga bisa ditawar.
  4. Berhenti menyalakan AC dengan suhu yang terlalu dingin. Perlu kamu ingat, semakin rendah suhu AC, semakin banyak juga daya listrik yang dibutuhkan, dan kalau sudah begitu tagihan listrik juga semakin mahal.
  5. Gunakan kipas angin ketimbang AC kalau sedang gerah.
  6. Senantiasa mematikan lampu jika tidak digunakan.
  7. Tahukah kamu bahwa colokan listrik apapun, tetap bisa menyedot listrik bahkan ketika sedang tidak digunakan. Oleh karenanya segera cabut colokan apapun kalau sudah tak dipakai.
  8. Kurangi kebiasaan makan di luar atau menonton bioskop, ganti dengan cara lain seperti menonton film di rumah dengan cemilan seadanya.
  9. Berhenti merokok dan minum soda.
  10. Gunakan kartu kredit yang menawarkan banyak diskon dan cashback.
  11. Beli barang bekas yang memiliki kualitas bagus.
  12. Kalau sudah tidak digunakan lagi, matikan paket data smartphonemu. Dengan menghemat kuota, tentunya kamu juga menghemat pengeluaran.
  13. Jika ingin mendownload sesuatu, gunakanlah wifi gratisan di tempat-tempat umum.
  14. Menggunakan fasilitas TV kabel akan lebih murah dibanding menghabiskan waktu di depan komputer. Jadi mulailah beralih ke TV kabel.
  15. Menggunakan kendaraan umum memang baik untuk langkah berhemat, tapi jika kamu pergi ke suatu tempat yang jaraknya kurang dari 1 km, Berjalan kaki bisa jadi pilihan yang lebih tepat.
  16. Karena tarif pulsa operator lebih mahal untuk menelepon, gunakanlah fasiitas lain seperti aplikasi LINE, WhatsApp,Skype, atau Facebook untuk menelepon.
  17. Kalau kamu hobi membaca, daripada membeli buku fisik yang lebih mahal, belilah versi e-book yang lebih murah.
  18. Tabung setiap kembalian belanja ke celengan. Jangan anggap remeh uang kecil karena jika menabungnya sedikit demi sedikit, lama-lama jumlah yang terkumpul juga jadi banyak.

 

Sumber : Detik