PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Awas! Makan Sebelum Tidur Bahaya Banget Buat Kesehatan

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Saat pulang kerja atau pulang kuliah dan sampai rumah sudah malam, selain kita harus segera membersihkan diri, ganti pakaian atau sekedar cuci muka, hal yang lain juga nggak bisa dilewatkan begitu saja adalah bersantai sebentar di ruang TV atau ruang keluarga. Bahkan, beberapa di antara kita juga akan makan malam terlebih dahulu atau menikmati camilan yang ada. Meski makan malam atau makan sebelum tidur memudahkan kita untuk memiliki tubuh gemuk, rupanya kita sering sekali mengabaikan hal itu.

Namun kini, pastikan untuk tidak menganggap enteng masalah makan malam Ladies. Selain bisa membuat tubuh lebih mudah gemuk, makan malam atau sebelum tidur juga memungkinkan seseorang rentan mengalami berbagai masalah kesehatan. Dikutip dari laman prevention.com, bahaya makan sebelum tidur antara lain adalah meningkatkan risiko diabetes, meningkatkan risiko serangan jantung, mempengaruhi pola makan dan kualitas tidur, masalah kesehatan hati atau merusak sistem pencernaan.

Kristen Eckel-Mahan, PhD, seorang ahli kesehatan dari University of Texas Health Science Center di Houston mengungkapkan jika makan terlalu malam atau sesaat sebelum tidur akan membuat sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik. Bukan hanya itu saja. Kemampuan organ dalam tubuh menyerap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh pun akan bermasalah.

Kristen mengatakan, “Saat malam, tubuh tidak bisa merespon dan menyerap dengan baik nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini terjadi karena tubuh tidak siap menerima nutrisi ini. Saat malam, pada dasarnya organ tubuh butuh istirahat. Tapi, jika tiba-tiba ada makanan yang masuk, mereka akan bekerja lebih ekstra dan tidak seperti biasanya. Inilah yang nantinya berisiko buruk buat kesehatan tubuh maupun organ-organ dalam lainnya.”

Penelitian menemukan, mereka yang terbiasa makan di waktu malam sebelum tidur, mereka akan mengalami peningkatan ukuran pinggang hingga 25% daripada mereka yang makan malam saat sore. Penelitian juga menemukan bahwa mereka yang terbiasa makan sebelum tidur akan memiliki lemak jenuh yang sangat buruk buat kesehatan lebih banyak. Dan ini tentunya lebih berisiko dan mampu mendatangkan berbagai masalah kesehatan.

Menanggapi temuan ini, seorang dokter bernama Caroline Cederquist yang juga pendiri BistroMD menyarankan agar kita makan minimal dua jam sebelum tidur. Nah, buat kamu yang punya kebiasaan makan atau ngemil saat malam, usahakan untuk meninggalkan kebiasaan ini dan atur lagi jadwal makan kamu dengan jadwal yang lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

 

Sumber : Vemale