PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Awas, 5 Kebiasaan Sehari-Hari Ini Bisa Bikin Kamu Gemuk

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Sadar atau tidak, beberapa kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan bisa membuat kita lebih mudah gemuk, mengalami obesitas hingga berisiko besar terhadap berbagai penyakit semisal kolesterol, diabetes hingga jantung. Bahkan, kebiasaan tersebut bisa merupakan kebiasaan yang paling sederhana sekalipun. Dikutip dari berbagai sumber dan juga prevention.com, setidaknya ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa bikin kita makin gemuk. Sayangnya, kita sering kali tak menyadari akan hal itu.

Bukan makan atau minum, kebiasaan ini adalah kebiasaan yang sebenarnya sangat sederhana dan hampir dari kita semua pernah melakukannya setiap hari. Apa saja kebiasaan tersebut? Berikut beberapa kebiasaan tersebut.

  • Bekerja di Depan Komputer (Kantor)

    Kebiasaan pertama yang bisa bikin kita makin mudah gemuk adalah bekerja di depan komputer atau di kantor. Kenapa pekerjaan ini bikin gemuk? Jadi begini, bekerja di depan komputer atau kantor akan membuat kamu lebih banyak duduk dan tidak melakukan gerak tubuh. Jika kamu seperti ini terus-menerus setiap hari, jangan heran jika berat badan kamu akan lebih mudah naik dan kamu pun jadi semakin gemuk. Belum lagi, kita di meja kerja kamu selalu ada makanan serta minuman favorit yang membuatmu keasikan ngemil sambil bekerja.

  • Naik Lift

    Kebiasaan selanjutnya yang bisa bikin gemuk adalah naik lift saat berada di gedung bertingkat. Memang, naik lift memudahkanmu untuk sampai di tujuan lebih cepat dan mudah. Tapi, naik lift akan membuat kamu menjadi pribadi yang malas dan tidak mau melakukan gerak tubuh. Naik lift juga akan memungkinkan kamu memiliki aktivitas fisik yang sangat kurang. Jika memang kamu tidak ingin memiliki tubuh gemuk dan penambahan berat badan, kurangi kebiasaan naik lift dan sesekali gantilah dengan naik atau turun tangga saat berada di gedung bertingkat.

  • Makan Sambil Nonton TV/Film

    Kebiasaan ketiga yang juga akan meningkatkan risiko kegemukan adalah makan sambil nonton TV/film. Sadar atau tidak, makan sambil nonton TV/Film akan membuat kamu tidak sadar bahwa makanan yang kamu makan telah terlalu banyak. Belum lagi, saat makan sambil nonton TV ini dibarengi dengan makan bersama teman-teman atau keluarga yang kurang memperhatikan pola hidup sehat serta berat badan ideal.

  • Tidur Setelah Makan

    Kebiasaan sehari-hari yang juga sering kali bikin gemuk adalah tidur setelah makan. Ya, para peneliti telah mengungkapkan bahwa tidur sebelum makan adalah aktivitas utama yang bisa bikin berat badan nambah drastis. Apalagi, jika kebiasaan tidur setelah makan ini dilakukan saat malam hari. Tak hanya bikin gemuk, tidur setelah makan juga memungkinkan kamu menderita berbagai risiko penyakit berbahaya.

  • Stres

    Para ahli mengungkapkan bahwa stres adalah suatu kondisi yang sangat berpengaruh pada kesehatan psikis maupun fisik. Stres berlebih bisa saja membuat seseorang mudah kurus. Tapi, tidak jarang hal ini akan membuat seseorang semakin mudah gemuk, berjerawat, kelelahan dan berisiko menderita beberapa penyakit berbahaya yang menurunkan metabolisme dalam tubuh.

Itulah beberapa kebiasaan yang dikatakan bisa bikin gemuk. Selain kebiasaan di atas, kebiasaan lain yang juga bikin gemuk antara lain adalah memiliki waktu tidur yang kurang, sering lembur malam, sering telat bangun, jarang olahraga, minum banyak air tapi bukan air putih, terlalu sering makan di luar, makan bersama orang-orang yang gemuk atau berteman dengan orang gemuk dan masih banyak lagi. Well, buat kamu yang ingin tetap langsing dan miliki berat badan ideal, usahakan untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas ya. Semoga, informasi ini bermanfaat. PT. Rifan Financindo Berjangka.

 

Sumber : Vemale