PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Analisa Emas 13 Mei: Emas Dalam Pergerakan Koreksi Yang Kompleks

Emas bergerak naik dalam usahanya untuk mencapai kisaran? $1200 terdorong oleh turunnya USD dalam koreksi dari kenaikannya kemarin. Greenback merosot setelah Yunani menepati pembayaran hutangnya kepada IMF sesuai yang dijadwalkan sebesar ?750 juta. Ini adalah kabar baiknya, kabar buruknya adalah bahwa mereka harus menguras escrow account IMF untuk melakukannya. Kabarnya, ?650 juta dari pembayaran tsb berasal dari IMF juga.

Yunani dengan cepat menguras cadangan kasnya sehingga menimbulkan pertanyaan bagaimana mereka dapat mencari dana tambahan untuk memenuhi kewajiban pembayaran hutangnya sampai Juli. Masalah likuiditas adalah masalah yang sangat mendesak – kata Menteri Keuangan Yanis Varoufakis hari ini. Situasi ini menempatkan Yunani dalam suatu keadaan yang mengkuatirkan, tertatih_tatih diambang default, kecuali ada solusi bailout yang dapat diperoleh. Jika ini terjadi maka opsi ‘Grexit’ akan bergerak kedepan.

Risiko default dan kemungkinan Grexit mendorong minat safe haven Emas. Sebagai perbandingan, ketika Lehman Brothers bangkrut pada tahun 2008, efek-tularnya berdampak kepada industri keuangan global sehingga mempercepat krisis keuangan global. Apalagi default negara berdaulat – dan anggota Uni Eropa – cenderung memiliki konsekuensi yang jauh lebih signifikan.

Pada grafik H1 dibawah ini dapat dilihat salah satu kemungkinan hitungan Elliott Wave yang dapat membantu anda mengambil keputusan trading hari ini.

 

 

Sumber : Seputar Forex