PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Alasan Emas Menunjukkan Ketangguhannya Ditengah Laporan Pekerjaan AS Yang Kuat

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Di tengah-tengah laporan pekerjaan yang sangat kuat pada hari Jumat minggu lalu, harga emas bisa bertahan cukup baik. Hari Jumat pagi Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa ada 394.000 pekerjaan baru ditambahkan pada bulan Januari. Angka ini muncul jauh lebih tinggi daripada yang diperkirakan oleh para analis yang memprediksi bahwa kenaikan di bulan Januari akan sekitar 165.000.

Emas berjangka untuk bulan yang paling aktif kontrak bulan April diperdagangkan hanya turun $3.20. dan berhenti pada $1,322.00 per ons. Pada saat yang bersamaan, orang akan memperkirakan kenaikan yang kuat bagi saham-saham AS. Namun, Dow Jones pada dasarnya tidak berubah, Standard & Pooe 500 turun sekitar 0.20% dan Nasdaq turun hampir 0.50%.

Satu alasan yang utama bagi ketangguhan emas ditengah laporan pekerjaan AS yang kuat adalah bahwa sentimen pasar terus berlanjut sangat “bullish”” setelah pernyataan yang dirilis pada minggu lalu segera setelah pertemuan FOMC oleh Gubernur Powell. Nada yang jauh lebih “dovish” oleh Federal Reserve terus sangat mendukung harga emas. Selain itu juga ada tempat-tempat yang panas geopolitiknya seperti Venezuela yang masih belum selesai. Terpenting lagi, pertikaian perang dagang sekarang antara Amerika Serikat dan Cina berisi lebih banyak ketidakpastian daripada resolusi, dan dengan demikian tetap menjadi kartu liar yang kuat yang bisa menyala setiap waktu.

Data selama empat bulan terakhir dengan kuat menunjukkan bahwa sentimen “bullish” bagi emas telah bertumbuh dan terus berlanjut mengambil momentum sampai hari ini. Harga emas naik kira-kira 3% dari sebulan yang lalu dan merupakan kenaikan bulanan yang keempat berturut-turut. Sepanjang Federal Reserve mempertahankan sikap “dovish” nya yang baru, kita bisa melihat metal berharga terus memiliki dukungan yang kuat dan naik atau paling tidak bertahan pada level harga yang sekarang.

Kenaikan harga emas selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,326 yang apabila tertembus akan bertemu dengan “resistance” berikutnya di $1,331 dan $1,336. Sebaliknya penurunan harga emas akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,315 yang apabila berhasil dilewati akan bertemu dengan “support” berikutnya di $1,310 dan $1,305. PT Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews