PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Akibat Demonstrasi Bursa Hong Kong Senin Pagi Melempem

Senin, 29 September 2014

Sentimen negatif cenderung mewarnai perdagangan di bursa saham Asia pagi hari ini (29/9). Bursa saham Hong Kong terkena imbas dari protes yang digelar di kota tersebut pada hari Minggu kemarin. Hari ini bursa saham anjlok cukup dalam.

Protes pro demokrasi yang terjadi di Hong Kong menjadi fokus pada perdagangan di Asia, terutama Hong Kong. Protes yang dilaksanakan hari Minggu kemarin berkembang menjadi kerusuhan. Hingga hari Senin ini beberapa pemrotes masih memblokir jalan dan berpotensi mengganggu aktivitas warga Hong Kong.

Hari ini saham-saham perbankan tampak mengalami penurunan tajam. Beberapa perusahaan terpaksa meliburkan pegawainya karena aksi demonstrasi masih terus berkembang di Hong Kong. Bank of China pagi ini mengalami penurunan nyaris sebesar 2 persen. Hang Seng Bank dan Bank of East Asia tampak mengalami penurunan masing-masing lebih dari 1 persen.

Hari ini indeks benchmark di bursa saham Hong Kong terpantau anjlok tajam dan membukukan penurunan paling parah di Asia. Indeks hang seng spot tampak melemah sebesar 426.53 poin atau 1.80 persen dan ditutup pada posisi 23251.88 poin.

Analyst Vibiz Research Centre memperkirakan bahwa pergerakan indeks benchmark di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami peningkatan terbatas. Indeks berjangka hang seng berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 23600 ? 23800 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia