PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

7 Tips Agar Mata Tidak Rusak Ketika Berada di Depan Komputer

7 Tips Agar Mata Tidak Rusak Ketika Berada di Depan Komputer

PT. Rifan Financindo Berjangka, Kebanyakan orang yang menghabiskan sebagian besar waktu di depan layar komputer, umumnya menderita tiga masalah utama. Yakni ketegangan mata, sakit punggung, dan siklus tidur yang terganggu. Tentunya kita harus pintar-pintar menjaga kesehatan, terkhusus buat kamu para geeks, jurnalis, blogger, web desainer, programmer, dan pekerja kantoran lainnya.

Dilansir dari Technastic, untuk menjaga kesehatan mata, pikiran, dan tulang punggung. Berikut Jaka berikan beberapa tips yang wajib kamu praktekkan secara rutin, yakni tips menjaga kesehatan mata di depan komputer, tips kerja di depan komputer, dan posisi duduk yang benar di depan komputer.

 

1. Bedanya Menggunakan Komputer Siang dan Malam Hari

Saking banyaknya pekerjaan, kadang kita harus menyiasatinya dengan mengerjakan di rumah. Nah efek menggunakan komputer gampangnya kita bagi dalam dua kategori, siang dan malam. Menggunakan komputer di siang hari tidak banyak berpengaruh pada kesehatan mata kita, karena pencahayaan ruangan yang cukup.

Bedanya Menggunakan Komputer Siang dan Malam Hari

Yang berpotensi merusak mata adalah ketika kita menggunakan komputer di malam hari di ruangan gelap, jadi sebisa mungkin nyalakan lampu. Cahaya yang kurang dapat membuat mata kita cepat lelah, yang bisa berakibat pada kualitas tidur yang jelek. Jadi pastikan nyalakan lampu ya, jangan gelap-gelapan.

2. Atur Kecerahan Monitor

Atur Kecerahan Monitor

Layar adalah pelaku yang sebenarnya, khusus untuk malam hari yang harus kamu lakukan adalah mengurangi kecerahan monitor, cahaya terang yang datang dari layar komputer berpotensi mengancam kesehatan mata dan susah tidur. Aturlah sesuai kondisi cahaya dan menurut kamu paling nyaman, tidak harus yang paling rendah kok.

3. Posisi Duduk yang Benar di Depan Komputer

Penting nih, duduk berjam-jam bahkan seharian dapat menyebabkan sakit punggung jika kamu tidak dalam posisi duduk yang benar. Selain sakit, lama-lama juga bisa membuat tulang punggung menjadi bengkok. Duh! Enggak keren banget dong kalau sampai bungkuk. Berikut posisi duduk yang benar di depan komputer.

duduk yang benar

  • Selalu duduk tegak dengan posisi punggung lurus serta bahu ke belakang, paha menempel pada dudukan kursi dan pantat harus menyentuh bagian belakang kursi.
  • Pusatkan beban tubuh pada satu titik agar mendapatkan keseimbangan, usahakan untuk tidak membungkuk.
  • Posisi lutut juga harus diperhatikan, tekuk lutut kamu hingga sejajar dengan pinggul, dan usahakan tidak menyilangkan kaki alias lurus saja ke bawah.
  • Posisikan tangan kamu senyaman mungkin di keyboard.
  • Gunakan kursi yang memiliki sandaran tangan supaya beban pada bahu dan leher berkurang.
  • Jangan memutar punggung, putarlah keseluruhan tubuh sebagai sebagai satu kesatuan. Memutar sebagian terkadang juga bisa bikin cedera atau terkilir.

4. Istirahat Secara Berkala

Terus-menerus menatap layar komputer, dapat mengakibatkan Computer Vision Syndrome yakni sekumpulan gejala-gejala gangguan kesehatan pada penglihatan yang diakibatkan oleh penggunaan komputer (termasuk tablet dan smartphone) yang relatif lama yaitu lebih dari dua jam dan secara terus-menerus.

istirahat

Untuk menghindari tersebut, kamu harus mengambil istirahat secara rutin dengan sistem 20-20-20. Setiap 20 menit, palingkan mata kamu dari komputer, cari benda di sekitar kamu yang jauhnya sekitar 20 kaki (6 meter) dan tataplah selama 20 detik. Jangan lupa juga, istirahat setiap 30-45 menit dengan cara berdiri dan melakukan peregangan sesaat agar tubuh kembali segar.

5. Minum Air Putih

Minum Air Putih

Terlalu lama duduk merupakan salah satu faktor penyebab terbentuknya batu ginjal. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air minum yang cukup agar kesehatan kamu terjaga. 2 liter sehari atau sekitar 8 gelas ya, tetapi kalau puasa ya minum pas sahur dan buka.

6. Install Software Tambahan

flux

Nah kembali jika kamu menggunakan komputer di malam hari. Selain mengurasi kecerahan layar, kamu bisa install software untuk menyesuaikan suhu layar agar mata tidak cepat lelah. Misalnya F.lux, yang membuat warna layar komputer beradaptasi dengan waktu, hangat di malam hari dan seperti sinar matahari di siang hari.

7. Gunakan Kacamata Khusus Komputer

katamata khusus komputer

Tips kerja di depan komputer berikutnya belilah kacamata khusus untuk mengurangi efek jahat dari lampu biru pada layar. Harganya tidak terlalu mahal kok dan kamu bisa memesan di toko kacamata terdekat atau beli secara online.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan mata di depan komputer, tips kerja di depan komputer, dan posisi duduk yang benar di depan komputer. Semoga 7 tips singkat yang Jaka berikan, dapat menjaga kesehatan mata kamu biar enggak minus, tidur pulas, dan tetap berpostur tegap. Ganteng deh ujung-ujungnya. Hehehe… Ada tambahan? Yuk bagikan pengalaman kamu dengan kami di komentar.? PT. Rifan Financindo Berjangka.

 

Sumber : Jalan Tikus