PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

7 Cara Ampuh Untuk Menghemat Baterai Saat Mudik

7 Cara Ampuh Untuk Menghemat Baterai Saat Mudik

PT. Rifan Financindo Berjangka, Mudik sudah menjadi tradisi yang wajib dan pasti ada setiap kali mendekati lebaran. Di 10 hari terakhir bulan Ramadan, selain sibuk menghabiskan uang THR, orang-orang pasti sibuk mudik untuk bisa berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

Apa di antara kamu ada yang juga akan mudik? Jika iya, pasti kamu tahu dong kalo mudik itu identik dengan macet. Makanya kamu harus tahu tips menghemat baterai selama mudik.

Tips Menghemat Baterai Selama Perjalanan Mudik

Buat kamu yang kebagian tiket pesawat atau kereta sih enak, tinggal duduk dan tunggu nyampe di tempat tanpa harus mikirin macetnya perjalanan. Nah, untuk kamu yang mudik lewat jalur darat menggunakan mobil, udah pasti kejebak macet dimana-mana deh. Berikut ini beberapa langkah yang bisa membuat baterai smartphone kamu tetap awet selama perjalanan mudik.

1. Charge Smartphone Sampai Penuh

cara-menghemat-baterai-saat-mudik

Di malam sebelum kamu mudik, pastikan baterai smartphone kamu ada dalam kondisi full. Soalnya yang namanya mudik ini bisa lebih dari seharian. Jika baterai smartphone kamu tidak penuh, bisa-bisa kehabisan baterai saat di tengah jalan. Dan berakibat kamu jadi keki gak ada hiburan. Setidaknya jika baterai kamu penuh kamu jadi bisa bertahan seharian untuk menghibur diri di tengah kemacetan.

2. Hindari Nonton Video

cara-menghemat-baterai-saat-mudik-2

Nonton video selama perjalanan mudik emang bisa bikin lupa waktu. Tapi, bisa bikin baterai smartphone kamu cepat habis juga loh. Selain itu nonton video di tengah perjalanan juga bisa bikin kepala pusing. Malah jadi gak sehat.

3. Putar Musik Offline

Di tengah serbuan aplikasi streaming musik JOOX dan Spotify, Jaka yakin kamu pasti suka banget streaming musik di aplikasi itu kan? Tapi bukanlah hal bijak jika kamu streaming musik saat perjalanan mudik. Selain mengakibatkan kuota boros, banyaknya jalur yang blank spot dan tidak stabilnya sinyal membuat baterai smartphone kamu jadi cepat habis jika streaming musik.

 

cara-menghemat-baterai-saat-mudik-4

 

4. Matikan Data

Apalah artinya smartphone jika tidak terhubung dengan koneksi internet. Kamu jadi gak bisa eksis di sosial media. Tapi kalo kamu mau baterai kamu awet selama perjalanan mudik, ada baiknya memang jalur data smartphone kamu dimatikan.

 

cara-menghemat-baterai-saat-mudik-3

 

5. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

cara-menghemat-baterai-saat-mudik-7

Bagi kamu yang memiliki ruang luas di smartphonenya, jangan sungkan untuk meng-install aplikasi penghemat baterai di Android milikmu. Ada banyak pilihan yang bisa kamu gunakan, jika sudah di-root kamu bisa gunakan Greenify, jika belum di-root kamu bisa gunakan JuiceDefender. Kamu bisa pilih aplikasi penghemat baterai smartphone Android lainnya.

6. Aktifkan Battery Saver

cara-menghemat-baterai-saat-mudik-5

Semenjak update Android Lollipop, Google telah membenamkan Android fitur Battery Saver. Fitur ini sangat bermanfaat sekali untuk membantu kamu menghemat baterai smartphone selama perjalanan mudik 2016. Cukup dengan masuk menu Settings – Battery, lalu aktifkan toggle Battery Saver.

7. Airplane Mode

Saat masuk Airplane Mode, secara otomatis semua koneksi di smartphone kamu akan terputus. Kamu tidak bisa menggunakan smartphone untuk panggilan, SMS, atau internetan dan chatting dalam Airplane Mode. Dampaknya baterai smartphone kamu jadi lebih awet dan kamu tetap bisa mengabadikan foto-foto menarik selama perjalanan.

cara-menghemat-baterai-saat-mudik-6

Sebaiknya gunakan Airplane Mode saat kamu merasa mulai ngantuk, sehingga selagi kamu tidur, baterai smartphone kamu tidak terbuang sia-sia.

 

Nah, itu dia langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai smartphone kamu selama perjalanan mudik. Dengan melakukan semua itu, kamu jadi gak perlu repot-repot membawa power bank saat mudik. Karena tanpa power bank pun dijamin baterai smartphone kamu akan awet jika menerapkan langkah-langkah di atas. PT. Rifan Financindo Berjangka.

 

Sumber : Jalan Tikus