PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

6 Hal Yang Seharusnya Tidak Dilakukan Di Media Sosial

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Ladies, Anda pasti sudah akrab dengan kata “media sosial”. Bahkan mungkin Anda orang yang selalu up to date dengan perkembangan media sosial. Ketertarikan masyarakat terhadap media sosial memang sangat tinggi, terutama bagi anak muda dan remaja, termasuk di Indonesia.

Apa yang sering Anda lakukan di media sosial? Sekedar mengamati aktivitas teman-teman Anda dan memberikan komentar, atau mungkin Anda juga aktif meng-update aktivitas Anda? Aktivitas apapun yang sering Anda lakukan, Anda perlu tahu bahwa ada batasan yang harus Anda jaga di media sosial. Harpersbazaar.com telah melansir hal-hal apa yang seharusnya tidak boleh dilakukan di media sosial. Apa saja ya? Simak ulasannya berikut ini.

??? Mengeluh Tentang Pekerjaan, Rekan Kerja, Bahkan Atasan

Ya, jangan melakukan hal ini. Selain karena menimbulkan kesan tidak sopan, atau tidak pantas dilakukan, hal ini juga dapat membawa dampak buruk bagi diri Anda. Mengeluh tentang pekerjaan, rekan kerja, atasan, atau membicarakan hal buruk tentang perusahaan tempat Anda bekerja akan membuat orang berpikiran buruk tentang Anda. Tidak ada orang yang suka mendengar keluhan bukan? Selain itu, hal ini juga dapat membawa dampak buruk bagi perusahaan Anda dan rekan-rekan Anda.

??? Berbagi Terlalu Banyak

Tentu Anda sebenarnya tahu bahwa sebenarnya Anda tidak perlu menceritakan apa yang sedang Anda dan pasangan Anda permasalahkan, masalah apa yang Anda hadapi, atau hal-hal lain yang seharusnya orang lain tidak perlu tahu. Saya pernah membaca sebuah ilustrasi, begini, seorang pengguna twitter menulis kicauan yang isinya kira-kira, “waduh, lupa, pintu rumah belum dikunci, tapi kejauhan mau balik”. Lalu kicauan tersebut dibaca oleh pengikutnya yang kebetulan mengetahui lokasi rumah orang tersebut. Dan, kesempatan itu dipakainya untuk merampok rumah yang lupa dikunci itu. Hati-hati ya Ladies.

??? Jangan Mencemarkan Nama Baik

Jangan mengunggah hal-hal yang berisi informasi buruk tentang diri Anda. Misalnya, foto saat Anda sedang bersama teman-teman Anda, lalu di foto itu Anda tampak sangat berantakan dan tidak enak dilihat, hal ini dapat mencemarkan citra Anda.

??? Melibatkan Diri Dalam Percakapan Kontroversial

Sering mendengar tweet war yang terjadi di kalangan public figure. Jangan berpikir, hal itu tidak baik dilakukan karena mereka artis. Anda juga seharusnya tidak melakukan hal itu. Jangan memancing atau melibatkan diri dalam percakapan yang menyangkut ras, agama, politik atau hal-hal yang bersifat provokasi. Pengguna media sosial sangat sensitif dengan hal-hal semacam itu.

??? Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Networking Untuk Masalah Pekerjaan

LinkedIn atau Twitter memang sarana yang bagus untuk memperluas jaringan Anda di dunia kerja. Namun bukan berarti Anda bisa menggunakannya untuk hal-hal yang tidak seharusnya. Misalnya, menanyakan jadwal interview pekerjaan, mengapa Anda tidak segera dihubungi. Itu akan menunjukkan ketidak profesionalan Anda. Gunakan media sosial untuk meminta saran, atau percakapan sederhana lain, bukan untuk memohon agar diberi pekerjaan.

??? Jangan Mempromosikan Kegiatan Ilegal

Hal-hal yang Anda tahu bahwa itu tidak resmi, dan melanggar hukum, jangan dipromosikan, disebar luaskan atau bahkan terlibat di dalamnya. Dipanggil pihak berwajib untuk memberikan kesaksian tentang hal itu tentu bukan sesuatu yang bisa dibanggakan.

Nah Ladies, sekarang sudah lebih paham kan tentang berperilaku di media sosial. Karena media sosial merupakan? sarana yang baik untuk personal branding, jadi batasi diri Anda untuk mengunggah hal-hal yang hanya memberikan efek baik untuk Anda dan pengikut Anda.

 

Sumber : Vemale