PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

4 Efek Negatif Jika Anda Mengkonsumsi Obat Tidur

 

PT. Rifan Finasncindo Berjangka, Saat seseorang tidak bisa tidur atau mengalami insomnia, tidak jarang ia akan mengkonsumsi obat tidur atau obat penenang. Sebenarnya, mengkonsumsi obat tidur satu atau dua kali saja tidak akan memiliki efek negatif pada tubuh. Tapi, jika obat tidur dikonsumsi secara terus menerus dan dengan dosis yang tinggi, hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Sebagian dari kita mungkin akan berpikir bahwa obat tidur bisa membuat seseorang tidur dengan lelap dan tenang. Namun perlu kita tahu, obat tidur bisa saja membuat pikiran seseorang menjadi lebih khawatir sehingga tidur pun tak akan seindah dan selelap apa yang dibayangkan sebelumnya. Dilansir dari laman prevention.com, obat tidur justru memiliki beragam efek samping negatif bagi kesehatan tubuh. Apa saja efek negatif tersebut? Berikut ulasannya.

  • Risiko Alzheimer

    Inilah efek negatif pertama yang akan dialami seseorang yang mengkonsumsi obat tidur dalam jangka waktu panjang dan dosis yang tinggi. Zat kimia yang terkandung di dalam obat tidur awalnya memang bisa membuat seseorang tidur dengan mudah dan lelap. Tapi, jika zat kimia tersebut dikonsumsi secara terus menerus, hal ini bisa membuat otak menjadi mudah lupa, pusing, bingung hingga sulit berpikir.

  • Kecanduan

    Kecanduan tak hanya bisa dialami oleh orang-orang yang mengkonsumsi obat terlarang atau narkoba saja. Obat tidur yang dikonsumsi secara terus menerus juga akan membuat kecanduan pada diri seseorang. Jika awalnya satu butir obat tidur sudah bisa membuat seseorang tertidur, pada hari dan bulan berikutnya, orang ini bisa saja membutuhkan dua sampai tiga butir obat tidur untuk sekali konsumsi. Ia juga bisa saja tak dapat tidur sebelum minum obat tidur.

  • Berkeringat Dan Jantung Berdebar

    Ketika seseorang telah terbiasa minum obat tidur sebelum tidur dan coba menghentikannya, hal ini akan berdampak pada fisik maupun psikisnya. Menghentikan kebiasaan konsumsi obat tidur tidak jarang akan membuat badan seseorang berkeringat, jantung berdebar, badan menggigil dan mual.

  • Risiko Patah Tulang

    Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di departemen Epidemiologi di Harvard University TH Chan School of Public Health menyebutkan jika konsumsi obat tidur atau obat penenang secara terus menerus bisa meningkatkan risiko patah tulang. Dari 236 ribu sampel yang diteliti, ada sekitar 137 orang yang mengkonsumsi obat tidur memiliki masalah pada tulang tubuhnya. Selain berisiko patah tulang, wanita yang mengkonsumsi obat tidur juga akan lebih mudah atau lebih cepat mengalami menopause.

Ladies, itulah beberapa efek negatif jika Anda mengkonsumsi obat tidur. Agar tubuh tetap sehat dan bugar, pastikan untuk menghindari konsumsi obat-obatan. Jika pun Anda ingin tidur lebih tenang dan nyaman, pastikan untuk memiliki asupan gizi yang tepat, olahraga cukup, buat tempat tidur senyaman mungkin, minum air putih cukup dan fokuslah serta hindari stres.

 

 

Sumber : Vemale