PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

3 Trik Agar Tak Jadi Pecandu Kerja

Terlalu lelah bekerja (Foto: Career Realism)

PT. Rifan Financindo Berjangka, Jakarta – Fokus pada pekerjaan memang hal yang positif untuk mengembangkan karir di tempat kerja. Sayangnya, seringkali banyak pegawai yang terlalu fokus pada pekerjaan hingga melupakan kehidupan pribadinya termasuk teman hingga keluarga.

Anda tentu tak asing lagi dengan istilah workaholic atau pecandu kerja. Tak sedikit orang yang merasa sangat ketakutan kehilangan pekerjaan, hingga rela melakukan apapun demi mempertahankan atau naik jabatan di kantor.

Karenanya, banyak pegawai yang mulai menggilai pekerjaan dan mendedikasikan seluruh waktu yang dimiliki untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Sikap bekerja seperti itu akan membuat Anda hanya punya sedikit waktu, bahkan untuk diri sendiri.

Untuk menghindari atau menghentikan kebiasaan ‘gila’ kerja, berikut 3 cara yang bisa dilakukan, melansir magforwomen.com, Senin (18/5/2015):

1. Kenali gejala para penggila kerja

Banyak orang gagal mengenali berbagai gejala kecanduan kerja sebelum akhirnya terlanjur menjadi seorang workaholic.

Artinya, untuk terhindar dari pola kerja berlebihan, Anda sebaiknya mengidentifikasi gejala-gejala yang ditunjukan kebanyakan penggila kerja.

Salah satu gejala terparah adalah saat Anda mulai membenci liburan karena dianggap menguras waktu untuk bekerja. Selain itu, Anda juga merasa waktu bersantai mulai berkurang.

2. Ikuti jadwal kerja di kantor

Saat bekerja, lakukanlah sesuai jam kerja di kantor. Hindari bekerja secara berlebihan hingga melewati jadwal yang tersedia di kantor. Tak masalah betapa pun banyaknya pekerjaan, pulanglah saat waktu kerja Anda selesai.

Dengan begitu, banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah. Jika Anda terlalu banyak menghabiskan waktu di kantor lebih dari seharusnya, maka Anda kehilangan banyak kesempatan menarik yang bisa dilakukan di luar kantor.

3. Nikmati hobi

Kebanyakan orang yang kecanduan kerja tidak memiliki aktivitas lain yang menyibukkan dirinya. Jika Anda tak ingin pekerjaan mendominasi hidup, penting untuk mengembangkan hobi yang menarik.

Hobi tersebut sebaiknya mengikat dan menghibur dalam waktu yang cukup lama. Tekuni beberapa hal yang menarik perhatian dan Anda bisa coba-coba melakukannya. Pilihlah satu kegiatan di luar pekerjaan yang benar-benar bisa mengisi hari Anda.(Sis/Nrm)

 

Sumber : Liputan 6