PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

3 Tips Siapkan Dana Darurat

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Menyiapkan dana darurat suatu hal paling penting dan pertama dilakukan saat mengelola keuangan.
Dengan dana darurat tersebut dapat membantu saat membutuhkan dana misalkan perbaiki kendaraan, rumah dan kesehatan.

Kemudian, apa yang terjadi jika Anda belum memiliki dana darurat? Atau Anda baru saja mulai siapkan dana darurat. Situasi belum memiliki dana darurat itu dapat membuat panik dan hilang harapan.

Meski demikian, hal itu jangan membuat Anda putus asa dan hilang harapan. Ada sejumlah cara untuk mendapatkan dana di saat belum memiliki dana darurat seperti dikutip dari laman wisebread, Selasa (19/9/2017):

1. Atur Anggaran

Salah satu cara menyiapkan dana darurat dengan memangkas anggaran. Coba lihat anggaran yang Anda habiskan untuk makanan, hiburan, gas, dan utilitas. Anda mungkin akan terkejut mengetahui kalau ada cukup uang untuk dana darurat yang disiapkan. Memang hal itu mengurangi hiburan dan keseangan Anda, namun membantu Anda untuk mengelola keuangan.
2. Barang

Bila Anda hadapi keadaan dana darurat, barang-barang yang di rumah misalkan bernilai dapat juga menjadi dana darurat. Saat hadapi situasi darurat, Anda dapat menjual barang tersebut untuk mendapatkan uang. Anda bisa membawa barang berharga Anda ke pegadaian, bila Anda membutuhkan uang dalam waktu sempit atau cepat.

3. Meminjam uang

Ada sejumlah cara untuk meminjam uang yang bisa membantu Anda untuk siapkan dana darurat. Anda bisa pinjam uang dari seseorang terdekat misalkan teman dan saudara. Meski demikian, sebaiknya juga buat perjanjian untuk meminjam uang tersebut.

Kunci untuk menangani keadaan daruat keuangan dengan fleksibilitas. Jika Anda bersedia dan mampu membuat perubahan pada kebiasaan Anda seperti mengurangi pengeluaran, merupakan cara terbaik. Atau kalau memang butuh bantuan dana darurat dengan meminjam coba meminjam dengan sopan dan berkomitmen untuk mengembalikan pinjaman itu. Rifanfinancindo.

 

 

 

Sumber : Liputan 6