PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

3 Hal Pertama yang Harus Dilakukan Saat Naik Gaji

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Dapat kenaikan gaji adalah satu hal yang paling diidam-idamkan seorang pegawai yang bekerja di kantor. Gaji yang lebih besar tentu bisa meringankan biaya hidup yang harus dikeluarkan.

Meski demikian, banyak orang tidak sadar bahwa kenaikan gaji ini bisa membuat mereka lebih impulsif dalam mengeluarkan uang. Pengelolaan uang tidak tepat menyebabkan gaji hanya numpang lewat. Lalu apa yang seharusnya dilakukan?

Berikut tiga hal yang harus langsung dilakukan saat Anda dapat kenaikan gaji dilansir dari Business Insider, Selasa (2/10/2017):

1. Simpanan darurat

Semua pakar keuangan terbaik akan selalu meminta Anda untuk menyiapkan dana darurat yang cukup untuk berjaga-jaga jika ada kebutuhan yang biaya tak terduga. Simpanan darurat ini juga bisa diambil dari kenaikan gaji Anda.

Sebagian besar perencana keuangan menyarankan seseorang untuk menyimpan setidaknya tiga bulan biaya dalam dana darurat untuk bisnis dan pengeluaran pribadi.

2. Tingkatkan tabungan pensiun

Hal lain yang harus Anda sisihkan saat baru menerima kenaikan gaji adalah dengan meningkatkan tabungan pensiun. Mungkin Anda menganggap terlalu dini bila persiapkan dana pensiun saat usia 20-an. Akan tetapi, Anda tidak bisa menunda penghematan untuk masa pensiun.

Bila menunda, Anda dapat pengaruhi keuangan ke depannya. Jadi semakin awal Anda mulai menabung, semakin banyak uang yang akan Anda dapatkan. Jika memungkinkan, semakin cepat Anda mulai investasi semamin banyak waktu uang Anda dapat berkembang baik.

3. Tetap melakukan gaya hidup hemat

Satu hal yang musti Anda tahan saat baru mendapat tambahan penghasilan adalah perubahan kebiasaaan konsumsi. Sebisa mungkin pastikan Anda tetap melakukan gaya hidup hemat.

Jadi, jangan pernah menganggap kenaikan gaji sebagai sebuah rezeki yang bisa datang. Rifanfinancindo.

 

 

 

Sumber : Liputan 6