PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

16 Alasan Ponsel Android Lebih Baik Dibanding iPhone

Membandingkan Android dan iOS barangkali tidak akan menemui titik temu karena masing-masing menawarkan keunggulan dan fitur berbeda. Masing-masing kubu juga memiliki fans fanatik yang dijamin bakal membela mati-matian mobile platform yang mereka yakini lebih baik dari lainnya. Uniknya, meskipun perdebatan mengenai smartphone berbasis Android dan iOS yang diwakili iPhone tidak menemui titik henti tetapi selalu ada alasan untuk membandingkan keduanya. Kali ini kami memberikan lagi 16 alasan baru kenapa Android dianggap lebih baik dibanding iPhone.

1. Saat Anda membeli iPhone, Anda harus terima besar storage seperti yang Anda pilih. Artinya, ketika suatu hari nanti file-file yang Anda simpan telah melebihi kapasitas penyimpanan iPhone, Anda harus melakukan bersih-bersih iPhone ataupun memindah file-file ke cloud storage. Berbeda dari iPhone, sebagian besar smartphone Android menyediakan fitur slot MicroSD card. Dengan slot ini Anda bisa memasang kartu memory sehingga kapanpun internal storage penuh, Anda bisa mengandalkan external storage. Bahkan, Anda bisa menggantinya dengan storage yang lebih besar. Harganyapun tidak mahal.

2. Saat baterai smartphone Android error, habis masanya ataupun rusak, Anda bisa dengan mudah membeli di pasaran. Tanpa mencongkel baterai, tanpa melepas sekrup. Hal ini berlaku bagi sebagian besar ponsel Android yang ada saat ini di pasaran. Lain halnya dengan iPhone; ketika baterai bermasalah dan Anda harus menggantinya dengan yang baru maka Anda harus membawanya ke service center dengan ongkos tambahan di luar biaya membeli baterai baru. Tidak mudah mengganti baterai sendiri karena kompleksitas komponen iPhone yang terkait satu dengan lainnya.

3. Sebagian besar ponsel Android, termasuk HTC One dan Galaxy S5, bisa dipakai sebagai remote control. Itu karena pihak produsen menyertakan fitur infrared di bagian atasnya. Hingga rilisan 2015, fitur ini tidak ditemukan di iPhone.

4. Ponsel Android sangat mudah dipakai untuk memindah ataupun copy file ke komputer. Cukup tancapkan kabel data dan komputerpun akan langsung mengenali ponsel Android Anda. Sayangnya, fitur ini tidak bisa Anda jumpai di iPhone karena Apple tidak memberikan akses ke seluruh file yang Anda simpan di iPhone semudah akses dari Android ke komputer.

5. Android tidak mempermasalahkan asal dari file-file musik yang Anda simpan di ponsel. Semuanya bisa dengan mudah Anda putar di ponsel, baik hasil dari download, copy dari komputer, ataupun dari kiriman teman. Di iOS 9, Apple mengharuskan Anda membuka iTunes agar iPhone bisa Anda isi dengan file musik sementara untuk memindah/copy file foto, Anda juga memerlukan aplikasi Photo. Memasukkan musik ke iTunes dari sumber lain bisa dilakukan JIKA file-file tersebut sebelumnya telah tersimpan di komputer Anda.

6. Mengisi-ulang baterai ponsel Android bisa dilakukan dengan mudah, termasuk menggunakan kabel micro-USB yang bahkan bukan bawaan ponsel Anda. Hal serupa tidak berlaku bagi iPhone karena Apple menggunakan kabel Lightning yang sejauh ini hanya bisa dipakai oleh perangkat Apple.

7. Google Play Store membolehkan Anda download aplikasi langsung dari Play Store via web yang bisa diakses lewat komputer. Di iOS, jika ingin mencari aplikasi via browser maka Anda harus membuka iTunes terlebih dulu.

8. Aplikasi Maps buatan Apple yang dipakai di iOS tidak sesempurna Google Maps yang ada di Android. Selain itu Google Maps juga tidak bisa dipakai sebagai default maps app di iPhone.

9. Di iPhone, Anda bisa unlock menggunakan sidik jari ataupun passcode. Di sebagian besar perangkat Android, Anda diberikan sejumlah pilihan untuk unlock, termasuk penggunaan pattern dan pengenalan wajah (face recognition) yang memanfaatkan fungsi kamera depan.

10. Kustomisasi ponsel Android jauh lebih leluasa dibanding iPhone. Menambahkan widgets di homescreen bukan hal aneh di Android sementara Play Store juga memiliki banyak sekali koleksi launcher yang bakal mengubah wajah ponsel Android Anda, sesuai keinginan Anda.

11. Android tidak memaksa Anda menyimpan seluruh aplikasi di home screen seperti iPhone. Di Android, home screen seperti layaknya sebuah sampul buku yang bisa Anda hias seperlunya tanpa menempatkan semua app icons. Hal ini tidak terjadi di iPhone.

12. Di sejumlah ponsel Android, Anda bahkan bisa membuka dan melihat beberapa aplikasi sekaligus. Sebagai contoh, ponsel buatan LG memiliki kemampuan ini, yakni membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam window berbeda (seperti di PC), mengubah transparasi app windows dan bahkan mengatur ukuran besar/kecil windows tersebut.

13. Di Android, seluruh notifikasi akan ditempatkan di bagian atas screen sehingga bisa mudah mengeceknya. Di iPhone, notifikasi muncul di masing-masing app icon sehingga Anda harus mengecek satu per satu screen untuk melihat ada tidaknya notifikasi.

14. Aplikasi alarm di Android mampu memberitahu jumlah jam tidur yang akan Anda lalui, terhitung mulai Anda mengeset alarm. Di iPhone, Anda harus menghitungnya sendiri. Selain itu iPhone juga tidak membolehkan Anda mengatur berapa lama alarm snooze (berhenti sesaat sebelum berdering kembali).

15. Emoji di Android lebih imut!

16. Di iPhone, iOS akan memberi tahu kapan pesan Anda dibaca oleh si penerima. Di Android, hal seperti itu tidak perlu diberikan karena dalam beberapa kasus, akan sangat merugikan pengguna 😀

Sumber : Gopego