PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

10 Strategi Atasi Stres soal Uang

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo – Uang menjadi bagian besar di kehidupan seseorang. Sebagian besar interaksi seseorang juga melibatkan keuangan.

Namun, uang juga dapat menjadi salah satu penyebab utama stres. Berdasarkan survei oleh the American Psychological pada 2015, uang jadi sumber utama stres.

Anda memang tidak dapat menghindari masalah keuangan. Akan tetapi, Anda dapat berkompromi dan mengatasi masalah keuangan dengan sejumlah metode seperti dikutip dari laman wisebread, Rabu (27/9/2017).

Pusing dan stres soal uang biasanya dihadapi ketika alami krisis keuangan dan memiliki penghasilan rendah. Meski demikian, seseorang punya uang banyak juga tak lepas dari masalah keuangan. Bahkan penyebab utama stres soal uang yang dihadapi orang kaya yaitu ketakutan. Mereka khawatir apakah uang yang dimiliki cukup dan apakah melakukan hal salah dengan uang yang dimiliki.Rasa takut itu mempengaruhi setiap individu. Jadi tidak ada yang kebal terhadap tekanan keuangan.

Di sisi lain stres soal uang juga berdampak positif. Misalkan memotivasi Anda untuk menghemat uang. Namun sisi negatifnya dapat menurunkan produktivitas di tempat kerja dan tekanan keuangan bisa menyebabkan penyakit.

Meski demikian, Anda bisa belajar mengurangi dan mengelola stres soal uang, antara lain:

1. Bercerita

Salah satu cara termudah, tercepat dan terbaik untuk mengurangi stres dengan mendapatkan dukungan emosional dari seseorang yang Anda kenal dan percaya.

Coba bicara dengan keluarga, teman terpercaya agar mengurangi stres soal uang. Ini membantu kalau Anda tidak merasa sendirian. Siapa tahu Anda juga mendapatkan saran terbaik.

2. Punya kegiatan seni

Coba kegiatan yang berkaitan dengan seni seperti melukis. Selain itu, Anda juga bisa menulis. Dengan berkarya dapat mengurangi kortisol, hormon yang berkaitan dengan stres.

Dalam sejumlah penelitian, melakukan kegiatan seni selama 45 menit hingga satu jam dapat membuat seseorang lebih rileks, bebas stres, dan mampu berkonsentrasi.

3. Meditasi

Meditasi juga salah satu metode yang dapat meningkatkan perhatian dalam kehidupan Anda. Metode ini juga dapat mengurangi stres. Selain itu mengurangi emosi negatif, memiliki perspektif, dan mengelola gejala depresi dan sakit kepala.

4. Olahraga

Olahraga dengan berjalan kaki, joging, dapat mengurangi hormon stres. Olahraga juga membantu tubuh menghasilkan endorfin yang mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mood.

Tentu saja Anda mendapat bonus memiliki kondisi fisik sehat dan meningkatkan stamina. Selain itu juga membantu Anda untuk memiliki perasaan lebih kuat dan terkendali. Serta mengurangi stres.

5. Berpikir positif

Cobalah dengan mengabaikan pikiran negatif. Anda dapat mulai berpikir positif sehingga mengurangi kekhawatiran terhadap uang. Misalkan coba mengganti pikiran negatif menjadi positif dengan berkata kepada diri sendiri “saya belajar bagaimana mengelola uang saya”.

6. Kurangi melihat media sosial

Bagi sebagian orang, media sosial bisa jadi penyebab stres. Penelitian menunjukkan kalau, media sosial dapat meningkatkan stres karena melihat kehidupan orang lain. Kesadaran itu memicu lebih banyak tekanan pada sejumlah orang.

Jika Anda merasa semakin khawatir dan marah, coba beristirahat sejenak dari media sosial.

7. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik adalah terapi. Sejumlah penelitian juga menunjukkan mendengarkan musik mengurangi level stres Anda. Jadi temukan musik favorit Anda, kemudian dengarkan sambil kerja, bermain dan ketika Anda duduk santai.

8. Mengambil nafas panjang

Mengambil nafas panjang di mana saja, misalkan di bus, mobil prbadi, dan di rumah. Ini salah satu cara untuk relaksasi tubuh dan mengurangi tekanan. Coba ambil nafas panjang, dan berhitung hingga tujuh. Kemudian kembali hembuskan.

9. Tertawa

Tertawa adalah obat terbaik. Setidaknya untuk mengurangi stres. Dengan tertawa menenangkan ketegangan, mengurangi ketegangan otot dan pikiran, serta meningkatkan asupan oksigen.

Anda bisa menonton serial televisi komedi, bermain, dan bergaul dengan teman yang selalu membuat Anda tertawa.

10. Punya hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan juga dapat membantu mengurangi stres. Selain itu berinteraksi dengan hewan peliharaan dapat menurunkan tekanan dasarah dan meningkatkan kesehatan psikologis. Jadi ajak hewan peliharaan Anda untuk jalan-jalan di lingkungan komplek rumah. Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Liputan 6