PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

10 Alasan Jus Tebu Bisa Jadi Pengganti Jus Buah

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Kamu pasti tahu bahwa gula pasir yang biasa ada di rumah terbuat dari tebu kan? Tebu merupakan tanaman utama untuk memproduksi gula pasir. Sebagai negara tropis, Indonesia termasuk negara yang kaya akan perkebunan tebu.

Meski memang gula sering dihindari karena bisa menyebabkan diabetes, tapi tahukah bahwa sari tebu atau jus tebu ternyata bisa menjaga kesehatan lho. Seperti dilansir dari idiva.com, ini sekian manfaat sehat minum jus tebu yang tak kalah sehat dengan jus buah lainnya.

  • Suplai energi

    Karena sari tebu yang manis mengandung lebih banyak karbohidrat, tentu saja sari tebu akan memenuhi kebutuhan energi yang dibutuhkan untuk aktivitas.

  • Kadar glikemik yang rendah

    Meski memang gula pasir punya glikemik tinggi, tapi saat masih jadi sari tebu, minuman ini punya glikemik rendah yang tidak menaikkan kadar gula darah dengan cepat sehingga tidak membahayakan tubuh.

  • Kulit sehat

    Sari tebu bisa jadi minuman detox yang baik mengeluarkan racun di dalam tubuh dan menutrisi sel-sel kulit sehingga kulit terlihat lebih sehat dan halus.

  • Mencegah keriput

    Karena kandungan tebu yang bisa menutrisi sel-sel kulit, sari tebu juga sangat baik mencegah penuaan dini dan munculnya keriput di wajah.

  • Mengontrol kanker

    Beberapa penelitian menyarankan bahwa sari tebu ternyata juga punya efek positif melawan kanker prostat dan kanker payudara karena tingginya kandungan kalsium, magnesium, potasium, zat besi dan mangan. Sel-sel kanker tidak akan bertahan hidup jika diberi minuman alkalin seperti ini.

  • Meredakan rasa terbakar saat buang air kecil

    Jika mengalami kesulitan saat pipis seperti terasa pedih dan terbakar karena infeksi kandung kemih atau batu ginjal, minum jus tebu bisa meredakan rasa sakit saat buang air kecil.

  • Menjaga liver

    Organ hati akan lebih kuat jika kamu minum jus tebu karena jus tebu membantu menjaga kadar bilirubin tidak berlebihan di dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi penyakit.

  • Mengatasi konstipasi

    Kesulitan buang air besar memang sangat menyiksa, dan minum sari tebu bisa membuat pencernaan lancar, meringankan konstipasi karena kandungan potasiumnya yang tinggi.

  • Membersihkan gigi

    Jika kamu suka menyesap sari tebu langsung dari batang tebu, hal ini akan sangat bagus membersihkan rongga mulut terutama gigi. Saat mengunyah batang tebu, rongga mulut dan gigi akan dibersihkan dari sisa makanan dan bakteri. Namun tentu saja kamu harus minum air putih setelah mengunyah batang tebu ya.

  • Meredakan demam

    Saat tubuh lemah karena deman, sari tebu adalah minuman bernutrisi yang bisa dengan mudah diserap pencernaan dan membuat tubuh lebih kuat melawan penyakit.

Tentu saja untuk penderita diabetes, minum jus tebu mungkin jadi pantangan karena bisa menaikkan kadar gula darah. Jadi, tetap konsumsi minuman dengan tidak berlebihan agar tidak membahayakan kesehatan ya.

 

 

Sumber : Vemale